Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar : Perlu Diketahui!

Deskripsi: posisi tidur ibu hamil harus nyaman sekaligus aman bagi ibu dan janin. Berikut petunjuk mengatur posisi tidur agar istirahat menjadi lebih berkualitas.

Kehamilan tidak hanya mempengaruhi bentuk tubuh, tetapi juga aktivitas sehari-hari, termasuk tidur. Posisi tidur ibu hamil cenderung terbatas karena hal-hal seperti perubahan bentuk perut, posisi janin, dan tekanan pada organ tubuh tertentu. Jika Anda sedang hamil (atau memiliki pasangan yang sedang hamil), pastikan mengetahui tips posisi tidur ini agar istirahat semakin berkualitas.

Posisi Tidur Ibu Hamil Paling Ideal

Janin yang menekan anggota tubuh bisa menyebabkan berbagai kondisi saat ibu hamil mencoba tidur, misalnya sesak napas, sakit punggung, dan sensasi panas pada dada (heartburn). Ketika usia kehamilan sudah memasuki minggu kelima dan perut semakin membesar, posisi tidur terbaik adalah SOS (sleeping on the side) alias tidur menyamping.

Tidur dengan sisi kiri tubuh menempel pada permukaan kasur adalah posisi ideal. Selain lebih nyaman, posisi ini juga menghindari tekanan berlebih pada hati si ibu. Posisi menyamping seperti ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu membawa nutrisi ke plasenta.

Hindari tidur telentang saat sudah memasuki usia kehamilan lima bulan. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah seperti sesak napas, masalah pencernaan, wasir, tekanan darah rendah, hingga kurangnya asupan nutrisi untuk janin akibat sirkulasi yang terhambat.

Tips Mengatur Posisi untuk Tidur lebih Nyaman

Ibu hamil yang akan tidur sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir jika posisi tidur berubah tanpa disadari. Terlalu fokus pada posisi “tidur menyamping sambil menghadap ke kiri” justru akan membuat si ibu gelisah, dan istirahat menjadi terganggu. Pastikan saja posisi tidur sudah baik saat hendak terlelap.

Agar tidur lebih nyaman dan tidak terganggu masalah-masalah umum, seperti sesak napas dan rasa panas di dada, beberapa tips berikut bisa membantu:

  • Menaruh bantal di bawah sisi perut

Ketika tidur menyamping, ibu hamil sebaiknya menyelipkan bantal di bawah sisi perut, terutama jika perut sudah sangat besar. Hal ini akan membuat tidur lebih nyaman, mengurangi risiko posisi berubah, serta menopang punggung dengan lebih baik. Jika ingin lebih nyaman, selipkan bantal tambahan di antara lutut.

  • Menaruh bantal di sisi dada

Ibu hamil yang sering sesak napas saat tidur bisa menaruh bantal di bawah dada (pilih bantal yang bentuknya tidak terlalu gembung). Hal ini akan menaikkan tubuh bagian atas, dan mengurangi tekanan pada dada.

  • Meninggikan bantal di bawah kepala

Rasa panas di dada (heartburn) serta asam lambung yang naik ke tenggorokan (acid reflux) adalah keluhan umum ibu hamil, karena janin yang membesar mendesak organ dalam. Rasa mual sering terjadi saat ibu hamil berada dalam posisi berbaring. Untuk mengatasinya, coba tidur menggunakan bantal kepala yang agak tinggi, sehingga posisi dada menjadi jauh lebih rendah.

Berbagai posisi tidur di atas mungkin terlihat tidak nyaman, tetapi ibu hamil bisa membiasakannya perlahan-lahan. Pada akhirnya, istirahat yang berkualitas harus menjadi prioritas utama, agar stamina terjaga hingga hari persalinan.

Tips Tidur Nyenyak bagi Ibu Hamil

Jika tidur nyenyak masih menjadi masalah, ibu hamil bisa mencoba beberapa tips agar bisa beristirahat, misalnya:

  • Senam ringan

Senam khusus ibu hamil tidak hanya baik untuk menguatkan otot dan membantu kelancaran persalinan, tetapi juga mendorong istirahat yang berkualitas. Senam hamil dan olahraga ringan lainnya juga bisa menurunkan risiko kram.

  • Makan makanan bergizi

Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang bisa mengganggu siklus tidur, seperti teh dan kopi. Selain makan makanan seimbang, ibu hamil juga bisa mengonsumsi makanan selingan berprotein tinggi, seperti kacang-kacangan (atau selai kacang). Jika kebutuhan akan nutrisi terpuaskan, ibu hamil akan lebih mudah mengantuk.

  • Ambil posisi dan santai 30 menit sebelum tidur

Jika ibu hamil cenderung susah tidur, lakukan “ritual” agar lebih santai. Sekitar 30 menit sebelum jam tidur, cuci muka dan berbaringlah di kasur. Matikan ponsel dan hindari melihat laptop atau tablet. Redupkan lampu, baca buku kesukaan, dan dengarkan musik lembut hingga kantuk datang.

Posisi tidur ibu hamil yang benar sangat penting untuk menentukan kualitas istirahat. Pastikan membiasakan diri tidur dengan posisi benar, serta lakukan berbagai tips sehat untuk membuat istirahat malam lebih berkualitas.

Source:

https://www.parents.com/pregnancy/my-life/sleep/10-pregnancy-sleep-tips/

https://www.webmd.com/baby/positioning-while-sleeping

Leave a Reply