Tips Pola Makan Ibu Hamil Untuk Menambah Berat Janin

pola makan menambah berat janin

Menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan merupakan hal yang sangat penting. Nah, salah satu ukuran yang dapat menunjukkan kesehatan janin adalah berat badannya. Apabila berat badan janin saat di dalam kandungan kurang dari normal, akan ada banyak masalah serius yang berisiko pada kesehatannya ketika dilahirkan. Karenanya, penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga berat badan janin agar tetap normal sehingga nantinya dapat terlahir dengan normal dan terhindar dari masalah-masalah lain yang tidak diinginkan.

Berat Janin Ideal

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologist, berat janin idealnya akan bertambah sekitar 200 gram setiap minggu. Pada trimester ketiga, berat janin yang sehat umumnya berkisar mulai dari 900 sampai 1.100 gram. Selanjutnya, berat ini akan meningkat hingga dua kali lipat saat kehamilan memasuki bulan kedelapan.

Agar janin berkembang secara optimal, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi 2.400 sampai 2.500 kalori dalam sehari. Sementara jika mengandung bayi kembar, kebutuhan kalori yang dibutuhkan dalam sehari adalah sekitar 3.500.

Tambahan kalori ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu serta menambah berat janin yang ada di dalam kandungan. Jadi, pastikan untuk memperbanyak asupan kalori Anda dengan mengonsumsi banyak makanan-makanan yang sehat dan bergizi.

pola makan menambah berat janin

Tips Pola Makan Bumil untuk Menambah Berat Janin

Nah, agar berat janin tetap ideal dan terjaga kesehatannya, sebaiknya Anda memperhatikan tipsĀ  pola makan bumil untuk menambah berat janin berikut ini.

  • Perhatikan Asupan Protein

Menjaga asupan protein sangat penting untuk membantu keseluruhan proses perkembangan janin, terutama perkembangan otaknya. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi protein setidaknya 90 sampai 100 gram per hari selama hamil. Adapun beberapa sumber protein yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil di antaranya adalah daging sapi tanpa lemak, ikan laut, makanan olahan susu, serta kacang-kacangan.

  • Perbanyak Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Tips pola makan bumil untuk menambah berat janin selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Beberapa jenis makanan yang kaya akan karbohidrat adalah nasi putih, nasi merah, jagung, gandum, serta kentang.

  • Perbanyak Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang dapat membantu menambah berat janin. Jadi, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran agar janin tetap sehat dan dapat berkembang secara optimal.

  • Tambah Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Makanan yang banyak mengandung lemak juga sangat diperlukan oleh ibu hamil. Pasalnya, asupan lemak yang dikonsumsi selama kehamilan dapat membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dan membantu janin mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangannya. Oleh karenanya, perbanyak juga konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh dalam pola makan Anda, di antaranya seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, serta ikan salmon.

  • Perbanyak Asupan Zat Besi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan plasenta dan menambah berat janin. Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 27 mg zat besi per hari selama hamil. Sebab, selain dapat membantu perkembangan janin, zat ini juga dapat membangun ketahanan tubuh terhadap penyakit, menghindarkan dari kelelahan, depresi, serta stress selama kehamilan.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang baik untuk ibu hamil dan janin. Mengonsumsi asam folat sebelum dan selama masa kehamilan dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang, membantu perkembangan dan pembentukan jaringan tubuh janin, serta mencegah risiko keguguran. Beberapa bahan makanan yang kaya akan asam folat di antaranya adalah daging, ikan laut, sayuran hijau, kacang-kacangan, serta buah-buahan.

Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Berat Janin

Pola makan ibu memang sangat berpengaruh pada berat janin. Namun, di samping itu, ada beberpaa faktor lain yang juga mempengaruhi berat dan ukuran janin. Berikur adalah beberapa di anataranya.

  • Gen dari orang tua
  • Kondisi medis yang sudah dialami ibu sebelumnya, misalnya anemia, diabetes, dan lain sebagainya
  • Usia ibu saat hamil. Wanita yang berusia 35 tahun ke atas umumnya akan melahirkan bayi dengan ukuran yang besar. Sedangkan wanita yang hamil di usia remaja akan cenderung melahirkan bayi dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Berat badan ibu sebelum hamil. Ibu dengan berat badan di bawah indeks massa tubuh normal akan berisiko melahirkan bayi dengan berat badan kecil.

Jadi, itulah beberapa tips pola makan bumil untuk menambah berat janin. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply