Bolehkah Berenang Saat Hamil?

Olahraga dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali bagi kesehatan ibu hamil. Ibu hamil yang rajin berolahraga dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia dan diabetes gestasional. Meski begitu, tentunya tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Lalu, bagaimana dengan berenang? Apakah olahraga ini aman dilakukan oleh ibu hamil?

berenang saat hamil

Berenang Saat Hamil Boleh Saja, Asal…

Menurut para ahli, berenang saat hamil aman dan boleh untuk dilakukan. Bahkan, menurut dr. Mark Nieuwenhujisen dari Imperial Collage London, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kandungan kaporit atau bahan kimia lain yang ada di kolam renang bisa membahayakan kesehatan kehamilan.

Sama halnya dengan olahraga lainnya, berenang juga dapat membantu menjaga kebugaran dan melatih otot-otot tubuh. Bagi ibu hamil, olahraga ini cukup aman untuk dilakukan karena gerakannya tidak memberatkan persendian tubuh atau otot-otot tulang belakang.

Terlebih lagi, risiko mengalami cedera atau terjatuh juga akan lebih kecil saat melakukan olahraga di dalam air. Jadi, tak ada salahnya apabila Anda berenang saat hamil, bahkan saat usia kehamilan mencapai sembilan bulan. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum mulai berenang. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Jika sebelum hamil Anda tidak rutin berolahraga, sebaiknya jangan langsung berolahraga dengan berat. Setidaknya, mulailah berenang sebanyak 3 kali seminggu dengan durasi sekitar 15 menit setiap sesinya. Jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa meningkatkan sesi berenang setiap 4 kali seminggu dengan durasi 30 menit untuk setiap sesi.
  • Usahakan untuk melakukan pemanasan sebelum mulai berenang dan pendinginan setelah berenang untuk menhindari keram otot.
  • Gunakan baju renang khusus untuk ibu hamil agar bagian perut tetap nyaman.
  • Saat masuk ke dalam kolam, usahakan untuk tidak melompat langsung ke dalam air. Sebab, hal itu dapat menyebabkan tekanan air ke vagina besar sehingga berisiko merusak selaput yang melindungi janin. Sebaiknya, masuklah ke dalam air secara perlahan dengan berpegangan pada pagar atau bibir kolam.
  • Perhatikan juga area di sekitar kolam renang saat Anda keluar dari kolam. Usahakan menggunakan alas kaki yang tidak licin agar Anda tidak terpeleset.
  • Semua gaya berenang boleh dilakukan oleh ibu hamil. Namun, sebaiknya lakukan gerakan yang tidak membuat area leher, bahu, atau otot punggung menjadi tegang. Hindari juga untuk mencoba gaya-gaya baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, setidaknya selama masa kehamilan.
  • Cermati kondisi fisik Anda ketika berenang. Apabila tubuh sudah mulai lelah, sebaiknya segera akhiri sesi olahraga.
  • Apabila Anda berenang hingga 30 menit atau lebih, pastikan Anda memperhatikan kebutuhan cairan di dalam tubuh. Agar tubuh terhidrasi dengan cukup, sebaiknya Anda minum segelas air putih sebelum sesi berenang dan setiap 20 menit sekali.

Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

Berenang atau melakukan aquarobik (senam aerobik di dalam air) dapat memberikan banyak manfaat bagi wanita yang sedang hamil. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Melancarkan Sirkulasi Udara

Berenang sangat efektif untuk melancarkan sirkulai udara di dalam tubuh. Pasalnya, gerakan mengambil napas dan mengeluarkan napas selama berenang dapat meningkatkan fungsi kerja paru-paru. Hal ini sangat baik bagi ibu hamil karena dapat membantu pernapasan lebih teratur dan mencegah ibu hamil dari sesak akibat tekanan pembesaran rahim.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain meningkatkan sirkulasi udara, berenang juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi paru-paru. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini juga efektif untuk melemaskan otot punggung dan rasa tidak nyaman akibat semakin membesarnya perut.

  • Memperkuat Otot Rahim dan Panggul

Berenang juga dapat menjadi bentuk latihan yang tepat untuk memperkuat otot rahim dan panggul. Hal ini dapat membantu persalinan berjalan dengan lancar karena kelenturan dan kekuatan otot rahim dan panggul sangat diperlukan saat proses persalinan nantinya.

  • Membakar Kalori dan dan Menjaga Tubuh Tetap Aktif Selama Kehamilan

Berenang juga bermanfaat untuk membakar kalori dan menjaga tubuh agar tetap aktif selama masa kehamilan. Selain itu, olahraga ini juga terbukti dapat menjaga berat badan tetap ideal.

  • Menghindarkan Ibu Hamil dari Stres atau Masalah Psikis Lainnya

Berenang saat hamil juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari stres atau masalah psikis lainnya selama masa kehamilan. Dengan rutin melakukan olahraga ini, ibu hamil yang mengalami kesulitan tidur perlahan juga dapat memperoleh waktu tidur yang lebih berkualitas.

Setelah mengetahui manfaat berenang dan tips berenang saat hamil, kini Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan olahraga yang satu ini selama hamil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply