Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terjadinya Keguguran?

Kehamilan merupakan berita yang menggembirakan bagi seorang wanita. Maka, ketika keguguran terjadi, rasa sedih menyeruak, menghancurkan seluruh mimpi-mimpi indah yang akan menjadi seorang ibu. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan yang pertama.

Keguguran dapat disebabkan banyak hal. Seperti akibat terkena benturan atau terjatuh. Namun, bisa juga akibat lelah dan stres yang menyebabkan kandungan melemah. Biasanya terjadi pada usia kehamilan di bawah 20 minggu. Hal itu mungkin dapat menyebabkan adanya trauma pada wanita yang mengalami.

saat terjadi keguguran

photo: grid id

Saat Keguguran Terjadi

Maka, ketika Anda mengalami gejala keluron seperti terjadinya pendarahan hebat disertai luruhnya gumpalan-gumpalan kecil melalui jalan keluar embrio. Hal pertama yang harus dilakukan saat terjadinya keguguran adalah segera menemui dokter kandungan. Konsultasikan kondisi Anda untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Dokter akan melakukan pemeriksaan, baik melalui tes darah ataupun USG—USG biasa yang dilakukan pada perut atau transvaginal USG. Hal tersebut untuk menunjang diagnosis sebelum dokter menyatakan jika bakal janin dalam rahim telah hilang.

Jika setelah pemeriksaan dilakukan, dan embrio sudah tidak ada lagi, maka dokter akan memberikan beberapa macam alternatif penyembuhan. Melalui obat-obatan yang harus diminum secara rutin untuk membersihkan rahim dari sisa-sisa darah dan embrio kehamilan, atau obat yang dimasukkan melalui vagina.

Jika memang kedua pengobatan tersebut tidak memungkinkan, karena adanya indikasi sisa-sisa yang sulit untuk dibersihkan, maka dokter akan menyarankan operasi kuret. Agar rahim bersih secara maksimal dan tidak terjadi infeksi di kemudian hari yang dapat menghambat proses kehamilan selanjutnya.

Proses Penyembuhan Setelah Keguguran

Di masa-masa setelah keguguran, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk melakukan pemulihan:

1. Menghindari terjadinya infeksi di kemudian hari

Sebaiknya Anda menghindari kemungkinan terjadinya infeksi pada genitalia dengan cara selalu menjaga kebersihannya. Caranya adalah menjaga tetap kering setelah mandi atau buang air kecil, tidak berenang, tidak menggunakan sabun kewanitaan yang mengandung bahan kimia keras, atau memakai tampon pada saat menstruasi sudah kembali normal. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan pembalut biasa agar tidak mengakibatkan infeksi.

2. Tidak melakukan hubungan intim terlebih dahulu

Jangan tergesa-gesa untuk segera melakukan hubungan intim dengan pasangan. Sebaiknya, Anda menunggu hingga dua minggu pasca pendarahan berhenti dan mulut rahim membaik. Menguatkan mental terlebih dahulu juga menjadi hal penting jika Anda dan pasangan menginginkan kehadiran buah hati lagi dalam waktu dekat setelah keguguran terjadi.

3. Melakukan olahraga ringan

Olahraga ringan bertujuan selain menyehatkan baik fisik maupun mental, karena ketika Anda melakukan kegiatan olahraga ringan, hormon endorfin akan terproduksi. Hormon inilah yang akan menyalurkan rasa bahagia dalam diri.

Selain itu, dengan berolahraga ringan, sisa-sisa setelah keguguran dapat luruh ketika Anda melakukannya secara rutin. Sehingga tidak diperlukan adanya operasi untuk membersihkannya.

4. Menjaga pola makan sehat

Ketika abortus terjadi, Anda pasti kehilangan banyak energi dan tenaga. Terlebih jika trauma terjadi. Maka, untuk memulihkannya Anda dapat mengonsumsi makanan berserat zat besi, mineral, dan kalsium. Contoh makanan yang dapat dikonsumsi adalah olahan bayam, rumput laut, hati sapi dan ayam, salmon, atau kerang. Serta banyak minum air mineral untuk mengembalikan tenaga yang hilang.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat atau kacang-kacangan juga dapat mengembalikan hormon dengan cepat.

5. Refreshing

Kesedihan sudah pasti ada ketika Anda mengalami keguguran. Namun, dengan menyibukkan diri pada aktivitas yang menyenangkan, berjalan bersama pasangan, keluarga atau bahkan teman dapat memulihkan diri lebih cepat. Pasalnya, pikiran tidak hanya terfokus pada rasa kehilangan tapi justru pada hal-hal yang mengasyikkan.

Meski menyakitkan, namun hal yang harus dilakukan saat terjadinya keguguran adalah ikhlas dan saling menguatkan. Jangan larut dalam kesedihan karena ada banyak orang berdiri di samping Anda untuk memberi dukungan.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Mohon non-aktifkan ad-blocker anda. Thanks :))

Refresh