Bagaimana Memilih Mainan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Balita?

mainan untuk bayi

Bermain memberikan balita peluang besar untuk mengembangkan dan melatih keterampilan baru sesuai dengan keinginan dan minatnya yang unik. Sehingga mainan anak yang Bunda berikan untuk si kecil yang masih balita dapat membantu tumbuh kembangnya.

Meskipun memilih mainan untuk bayi terlihat mudah, ada begitu banyak mainan yang diproduksi khusus untuk balita yang akan membuat Bunda kewalahan saat memilihnya. Bagaimana supaya mainan yang Bunda beli tepat untuk membantu tumbuh kembang si kecil? Di bawah ini merupakan beberapa trik yang dapat Bunda gunakan dalam memilih mainan yang akan mendukung tumbuh kembangnya secara menyeluruh (kemampuan berpikir, bahasa, fisik, dan sosial hingga emosionalnya).

mainan untuk bayi

Pilih Mainan Berbasis Eksplorasi dan Pemecahan Masalah

Bermain memberikan si kecil kesempatan untuk melatih keterampilan baru berulang kali. Mainan yang mendorong si kecil untuk berpikir atau dengan sedikit melatih dapat membangun kemampuan berpikir logis dan membantunya menjadi pemecah masalah yang gigih. Mainan jenis ini juga dapat membantu si kecil mengembangkan keterampilan hubungan spasial (mencocokkan sesuatu), koordinasi mata-tangan, dan keterampilan motorik halus (menggunakan otot-otot kecil pada jari dan tangan).

Contoh mainan yang dapat Bunda beli adalah teka-teki, penyortir bentuk, balok, blok, atau bahan seni seperti cat, tanah lihat dan krayon.

Mainan yang Memicu Imajinasi Si Kecil

Selama tiga tahun pertama kehidupannya, kreativitas si kecil benar-benar berkembang dengan pesat karena di usianya ini ia mampu meniru peran dan membayangkan bahwa sesuatu sebenarnya adalah sesuatu yang lain. Bermain pura-pura dapat membangun kemampuan bahasa dan literasi, keterampilan memecahkan masalah, serta kemampuan meletakkan peristiwa dalam urutan logis. Oleh karena itu, bunda sebaiknya memilih mainan untuk bayi yang dapat membantu mengembangkan imajinasinya.

Mainan yang dapat memicu imajinasi si kecil diantaranya adalah pakaian ganti, balok, perlengkapan makan plastik, action figur, boneka, mainan kereta api dan truk, rumah boneka ramah balita, dan alat mainan seperti selang ala pemadam kebakaran.

Mainan yang Menyerupai Peralatan Sesungguhnya

Balita akan menjadi semakin mahir dalam mencari tahu bagaimana benda-benda yang ada di sekitarnya bekerja, seperti ponsel atau saklar lampu. Ia juga tertarik untuk bermain menggunakan benda-benda tersebut. Sehingga mainan yang berbentuk seperti benda-benda di sekitarnya akan membantunya dalam memecahkan masalah dan mempelajari hubungan spasial. Mainan tersebut juga dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus balita.

Dalam hal ini tentunya Bunda dapat memilih mainan yang berupa piring plastik dan peralatan makan mainan, kunci mainan, ponsel atau telepon mainan, alat musik mainan, hingga sapu dan alat kebersihan untuk balita.

Mainan yang Memicu Minat Baca Si Kecil

Buku, mainan berbentuk huruf abjad magnetik atau perlengkapan seni seperti krayon dan spidol, membantu balita mengembangkan keterampilan awal menulis dan membaca. Alat peraga seperti katalog, menu, atau majalah juga menjadi mainan menyenangkan bagi si kecil sekaligus membuatnya lebih dekat dengan huruf dan teks.

Mainan yang Mendorong Si Kecil Menjadi Lebih Aktif

Balita melakukan berbagai jenis aktivitas fisik karena ia lebih kuat dan lebih percaya diri dengan tubuhnya. Bunda hanya perlu menjadi pendengar yang menghargai setiap pencapaian atau prestasi terbaru si kecil. Sementara untuk mendukung kemampuannya, carilah mainan yang dapat membantunya berlatih dan mengembangkan keterampilan fisik.

Beberapa rekomendasi mainan yang dapat mendorong si kecil untuk menjadi lebih aktif diantaranya adalah bola dengan beragam ukuran, skuter roda tiga, ring basket khusus balita, mainan yang dapat ditarik menggunakan tali, dan alat berkebun untuk balita.

One Reply to “Bagaimana Memilih Mainan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Balita?”

  1. Terimakasihhh ulasannyaa.. sangat membantu.

Leave a Reply